BLANTERWISDOM101

Cara Menjalankan Custom Error Dengan HTaccess

Wednesday, December 26, 2018

Cara Menjalankan Costum Error Dengan HTaccess, Halo apakabar sobat sz? Pasti baik lah ya. Sekarang saya akan berbagi kepada kalian tutorial menjalankan custom error dengan htaccess.

Apa itu htaccess?

htaccess merupakan ASCII file yang bisa anda buat melalui notepad. Htaccess ( hypertext access ) adalah file ekstensi tanpa nama. File ini akan memberikan dampak keseluruh folder yang akan diload oleh apache server.

Dengan file ini, kamu bisa mengnonaktifkan fitur atau fungsi yang berada di webserver apache seperti pengalihan URL, kompresi file, caching dan lainnya hanya dengan menambahkan beberapa baris kode pada file tersebut. Kesalahan sekecil apapun ketika mengupdate atau mengubah htaccess bisa membuat situs kamu tidak bisa diakses. Karna itu, pastikan anda menyalin kode dengan baik dan tepat. Lalu bagaimana sih cara menjalankan custom error dengan htaccess? mari simak ulasan berikut ini.

1. Pertama siapkan tema error 404 dan 403 pada website yang mau dijalankan. Buat file dengan nama 404.php dan 403.php. Cari tema sesuai selera kalian.

2. Salin kode dibawah ini dengan nama .htaccess

<IfModule mod_rewrite.c>
Options -Indexes
ErrorDocument 403 /403.php
ErrorDocument 404 /404.php

RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/[0-9]+\..+\.cpaneldcv$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/\.well-known/acme-challenge/[0-9a-zA-Z_-]+$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/\.well-known/pki-validation/[A-F0-9]{32}\.txt(?:\ Comodo\ DCV)?$
Options All -Indexes
RewriteEngine on
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME}.php -f
RewriteRule ^(.*)$ $1.php
</IfModule>


Lalu tekan save. Maka otomatis tema errornya akan berubah sesuai tema kalian. Oke sepertinya sudah cukup. Sekian terimakasih
Share This :

0 Comments